PESAWAT TERBANG
Pesawat terbang,
sebuah kendaraan yang digerakkan oleh motor yang dapat terbang diudara karena
adanya dukungan reaksiudara terhadap sayapnya.Pesawat terbang adalah lebih
berat dari udara, tidak sama seperti balon udara dan kapal terbang, yang lebih
ringan dari udara. Pesawat terbang juga berbeda dari pesawat lain yang lebih
berat dari udara seperti helicopter, karena mempunyai sayap yang tetap,
mempunyai control kemudi, bagian-bagian yang dapat bergerak pada bagian sayap
dan ekor yang memungkinkan untuk mengarahkan penerbangannya, dan juga
motor/engine yang memungkinkan untuk terbang datar atau menanjak.
Pesawat terbang
modern mulai dari Ultra light yang hanya berbobot sekitar 46 kg (100 pound)
yang hanya membawa satu penumpang (seorang pilot saja) sampai pesawat jumbo jet
yang mampu membawa sampai beberapa ratus orang dan mempunyai berat sekitar 454
metric ton.
Pesawat terbang
digunakan untuk tujuan khusus. . Sekarang ini terdapat pesawat-pesawat yang
dirancang hanya untuk mendarat didaratan, mendarat dilaut, amphibi dan pesawat
yang dapat tinggal landas tegak lurus baru terbang mendatar seperti Sea Harrier
yang dapat mendarat di landasan didarat atau mendarat di kapal induk.
BAGAIMANA PESAWAT TERBANG DAPAT
TERBANG
Sebuah pesawat
terbang dapat terbang karena sayapnya menimbulkan gaya
angkat/lift, suatu gaya
yang mendorong pesawat keatas ketika bereaksi dengan aliran udara yang mengalir
padanya. Sayap mengatur aliran udara yang mengalir melaluinya. Bentuk sayap
sangat berpengaruh terhadap kemampuan sayap menimbulkan gaya angkat/lift. Kecepatan maju/terbang dan
sudut dimana sayap bertemu dengan aliran udara juga memberi tambahan terhadap
lift yang ditimbulkan.
Sayap pesawat
menekan udara yang mengalir melaluinya dan sebagai reaksi udara mendorong sayap
keatas. Bila pesawat terbang datar atau menanjak,bagian depan dari sayap berada
lebih tinggi daripada bagian belakangnya. Sudut yang dibentuk sayap dengan
aliran udara disebut ANGLE OF ATTACK atau sudut serang.. Ketika sayap bergerak
diudara sudut ini menekan aliran udara dibawahnya. Udara yang mengalir diatas
sayap juga disalurkan kebawah ketika melalui bentuk bagian atas sayap. Semakin
curam sudut serang akan menyebabkan semakin besar tekanan terhadap aliran udara
yang melaluinya. Seorang sarjana fisika inggris yang bernama Isaac Newton dalam
teory yang dikarangnya mengatakan Setiap ada aksi akan terjadi reaksi yang sama
besarnya, (Hukum Newton yang ke- III ). Dalam hal ini karena sayap menekan
udara kebawah, akan terjadi reaksi udara menekan sayap keatas, dan reaksi ini
disebut Lift yang mendorong pesawat keatas.
Lift juga
dijelaskan oleh seorang sarjana lain yang bernama Bernoulli yang menyatakan
bahwa udara yang bergerak cepat tekanannya lebih kecil dibandingkan dari udara
yang bergerak lambat. Udara yang bergerak pada bagian atas sayap akan lebih
cepat
dibandingkan
aliran udara pada bagian bawah sayap.Ini dinyatakan dalam persamaan Bernoulli.
Lift adalah
salah satu gaya , dari empat gaya yang bekerja pada pesawat terbang.Gaya-gaya
lainnya adalah Weight/gaya berat, Thrust/gaya dorong, dan Drag/gaya hambat.
Weight/gaya
berat adalah gaya
yang berlawanan dengan lift. Gaya
berat ini harus dapat diatasi oleh lift yang dihasilkan oleh sayap.Sebagai
contoh, bila berat pesawat adalah 4,5 metric ton,maka lift yang harus
dihasilkan harus lebih besar dari 4,5 metric ton agar pesawat dapat tinggal
landas. Pesawat- pesawat modern sayapnya dirancang agar dapat menghasilkan lift
yang besar dan dapat terbang tinggi serta jauh jarak tempuhnya.
Thrust atau gaya dorong menyebabkan
pesawat dapat maju diudara. Daya ini dihasilkan oleh sistim propulsi/daya
dorong yang dihasilkan oleh baling-baling yang digerakkan oleh motor baker atau
juga gaya dorong
yang dihasilkan oleh motor pancar gas/jet.
Untuk mengatur
keseimbangan dari keempat gaya
ini adalah suatu tantangan bagi suatu penerbangan. Bila gaya dorong lebih besar dari drag maka
pesawat akan laju terbangnya. Bila lift lebih besar dari weight, maka pesawat
akan menanjak.Seorang pilot harus mengatur gaya-gaya ini apabila dia ingin
turun atau naik,maju dengan cepat atau melambat.
BAGIAN-BAGIAN PESAWAT TERBANG
Hampir semua
pesawat terbang mempunyai bagian-bagian seperti : Fuselage (badan pesawat),
Wing (sayap), Tail ( Bagian ekor), Landing Gear ( alat pendarat), Control Surfaces ( bidang-bidang kemudi) yang
terpasang pada sayap dan bagian ekor.
Fuselage (badan Pesawat)
Fuselage adalah bagian utama cabin atau badan pesawat. Umumnya fuselage
terdiri dari cockpit dan cabin. Cabin dirancang untuk membawa penumpang, barang
atau keduanya. Fuselage juga tempat dari motor pesawt, bahan bakar, peralatan
elektronik dan lain-lainnya.
Wing /Sayap
Semua pesawat terbang memiliki sayap. Ada beberapa pesawat yang hampir
seluruhnya berupa sayap dengan cockpit kecil untuk tempat penerbang. Beberapa
malahan hanya memiliki sayap yang kecil-kecil saja, dengan fuselage yang
aerodinamis seperti pesawat angkasa luar/roket.
Sebelum abad 20, sayap terbuat dari rusuk-rusuk yang terbuat dari kayu dan
bagian yang memanjang yang dibungkus kain khusus yang disebut fabric, dijahit
dan kemudian disemprot dengan bahan pengeras agar kaku dan tegang. Bahan-bahan
ini cukup ringan dan dapat dibuat cukup lebar agar dapat menimbulkan gaya
angkat yang cukup besar.
Pada pesawat-pesawat yang pertama, rata-rata memiliki dua buah sayap atau
bahkan tiga sayap yang disusun dari atas kebawah, yang diperkuat dengan cara
rentangan kawat antara satu sayap dengan lainnya.Bentuk seperti ini cukup besar
menimbulkan drag, sehingga para teknisi pesawat terbang mulai merancang pesawat
terbang dengan hanya satu sayap saja (monoplane).
Setelah perang dunia pertama (1914 – 1918) , pesawat mulai dirancang dengan
menggunakan baja dan aluminium dan dengan teknik terbaru maka dapat dihasilkan
bukan hanya sayapnya saja yang terbuat dari gabungan baja dan aluminium, juga
fuselagenya, sehingga dapat dipasangi alat pendarat, bahan bakar dan bahkan
senjata.
Susunan Bagian Ekor
Kebanyakan pesawat terbang memiliki bagian ekor yang dipasang dibagian
belakang dari fuselage, yang terdiri dari penyeimbang vertikal dan horizontal (
vertical and horizontal stabilizer), yang bebrbentuk sayap kecil dengan kemudi
arah (Rudder) dan kemudi tinggi (elevator) Bagian ekor biasa disebut EMPENNAGE.
Stabilizer
diperlukan agar pesawat terbang dapat terbang dengan stabil. Rudder digunakan
untyuk membelokkan pesawat. Dalam membelok biasanya pesawat juga miring dalam
gerakan membeloknya. Gerakan hidung kekanan dan kekiri biasa disebut gerakan
YAW. Gerakan rudder dilakukan dengan menggunakan pedal pada bagian lantai yang
didorong oleh kaki pilot. Elevator terletak pada bidang horizontal stabilizer
untuk mengontrol gerakan naik dan turun atau disebut PITCHING, atau
menggerakkan hidung pesawat naik dan
turun. Pilot menggerakkan pesawat naik/turun dengan menggunakan stick atau
control column.
Alat pendarat (Landing Gear)
Pesawat terbang
harus mempunyai alat pendarat atau landing gear. Pesawat-pesawat modern
memiliki alat pendarat atau roda pendarat yang dilengkapi dengan ban, rem
sesuai kebutuhan. Ban Pesawat harus mampu menahan
beban sampai diatas 454 metric ton dan dengan kecepatan kira-kira 322 km/jam
(200 mph) ketika mendarat. Rem sering diperlengkapi dengan sistem anti skid
untuk mengatasi bilamana landasan basah atau lapisan es.
Kebanyakan
pesawat sekarang landing gearnya retracable atau dapat disimpan ketika telah
tinggal landas. Hal ini mengurangi drag yang ditimbulkan aliran udara.
Komponen-komponen control
Pesawat terbang
mempunyai gerakan-gerakan yang berporos pada tiga sumbu, yaitu sumbu
longitudinal yang memungkinkan pesawat berguling kekiri atau kekanan yang
diatur oleh kemudi yang dinamakan Aileron. Setiap bagian sayap, kiri dan kanan
mempunyai sebuah aileron yang gerakannya berlawanan. Bila aileron kiri bergerak
kebawah, aileron kanan bergerak keatas, sehingga pesawat dapat berputar pada
umbu longitudinal. Sumbu berikutnya adalah sumbu vertical yang memungkinkan
pesawat bergerak kekiri atau kekanan yang dikontrol dengan rudder. Rudder
terletak pada bidang ekor tegak/vertical stabilizer. Sumbu berikutnya adalah
sumbu lateral, sehingga pesawat dapat bergerak menukik atau menanjak, yang
dikontrol oleh bidang kemudi elevator. Kemudi-kemudi ini disebut kemudi utama
(Primary Control Surface). Pada pesawat-pesawatyang lebih modern, terdapat
kemudi control tambahan yang disebut Secondary control surfaces yang terdiri
dari Flaps, Slats, trim tab,spoiler dan speed brake. Flap dan slat digunakan
selama take off dan landing untuk mendapatkan tambahan gaya angkat/lift pada wings dengan kecepatan
rendah.Flaps dapat terletak di belakang atau didepan sayap.Leading edge slat
biasa dipasang dibagian sayap depan sayap pada kecepatan rendah untuk merubah
arah aliran udara pada sayap dan menambah lift. Flap juga sering digunakan
untuk menambah drag dan memperlambat pesawat selama pendekatan untuk mendarat.
Trim tab adalah
kemudi kecil yang dipasang pada kemudi utama. Digunakan untuk mengontrol dan
menjaga agar arah pesawat tetap pada tujuan, tanpa menggerakkan kemudi utama,
atau tepatnya sebagai kemudi halus.
Instrument
Penerbang
pesawat bergantung pada instrument di cockpit untuk memonitor sistem pada
pesawat terbang, untuk mengontrol pesawat dan bernavigasi.
Sistem
instrument akan memperingatkan pilot tentang kondisi motor pesawat, sistem
listrik pesawat,sistem hidraulik dan sistem bahan baker. Pada pesawat dengan
piston engine, instrument digunakan untuk memonitor engine dan juga temperature
gas buang, tekanan oli dan temperature. Pada motor jet, instrument memonitor
kecepatan putar rotor compressor dan turbine, temperature dan aliran bahan
baker.
-
5 –
Flight
instrument, digunakan untuk memonitor arah, ketinggian, kecepatan dan sikap
pesawat terbang. Instrument ini terdiri dari airspeed indicator,artificial
horizon,altimeter,compass dan lain-lain.
Pesawat-pesawat
juga memiliki instrument navigasi untuk membantu dalam navigasi pesawat..
Pesawat-pesawat modern sekarang banyak mengunakan navigasi satelit yang
menggunakan computer. Sistim navigasi satelit ini disebut Global Positioning System
(GPS), yang dikembangkan oleh tentara Amerika Serikat, yang sekarang digunakan
juga oleh penerbangan sipil. Sistem ini mampu memandu gerakan pesawat sampai
hanya beberapa meter saja, dengan ketepatan yang tinggi.Dalam kondisi cuaca
buruk, dimana jarak pandangan terbatas,
pesawat mengunakan ILS ( Instrument Landing System) untuk memandu dalam
pendaratan. Semakin modern sebuah pesawat, semakin kompleksistem
intrumentasinya sehingga menambah keselamatan dan kenyamanan penerbangan.
Tenaga pendorong ( Propulsi)
Pesawat terbang
menggunakan motor piston atau juga jet untuk sebagai tenaga pendorongnya. Pada
pesawat yang kecil-kecil yang menggunakan piston engine, piston engine memutar
propeller/baling-baling baik yang ditempatkan didepan atau dibelakang motor
untuk menimbulkan daya dorongnya. Pada pesawat yang besar-besar, digunakan
turbine engine, baik untuk memutar propeller melalui roda-roda gigi (gear box)
atau menggunakan semburan gas panas untuk menimbulkan tenaga pendorong. Tenaga
pendorong harus cukup besar untuk menggerakkan pesawat yang berat maju kedepan
melalui aliran udara.
Pada awalnya
pesawat menggunakan motor baker yang biasa disebut piston engine. Piston engine
adalah motor yang rumit dengan pembuatan yang teliti dan tepat, tetapi dengan
perkembangan teknologi penerbangan, kebanyakan pesawat sekarang menggunakan jet
engine.
Turbine atau jet
engine menggunakan prinsip teory Newton
yang ketiga yang menyatakan bahwa bilamana ada aksi pasti timbul reaksi yang
sama besar. Motor jet mengisap udara dari depan, memutarnya menggunakan
beberapa tingkat compressor, dicampur dengan bahan baker, dibakar dan hasil
pembakarannya menimbulkan gaya
dorong kedepan melalui semburan kebelakang. Pada motor turbine gas, udara tetap
merupakan kebutuhan utama untuk terjadinya proses pembakaran. Tanpa udara atau
bilamana kepadatan udara menipis, maka daya dorong yang dihasilkan juga
sedikit. Pada motor roket, yang digunakan pada penerbangan luar angkasa, maka
roket membawa sendiri udara yang dibutuhkan untuk pembakaran dalam bentuk udara
cair atau bahan baker padat.
menggunakan
compressor. Jenis ini untuk menerbangkannya diperlukan bantuan untuk
meluncurkannya pada ketinggian tertentu, atau melalui katapult agar didapatkan
udara yang berkecepatan tinggi untuk pembakaran.
Sistem Turbojet tetap berdasar pada Ramjet,
namun untuk mendapatkan udara yang berkecepatan dan bertekanan digunakan
beberapa tingkat compressor, sebuah ruang baker dan pipa gas buang. Udara
diisap, dicampurdengan bahan baker, dibakar lalu dengan kuat disemburkan kebelakang
sehigga pesawat terdorong kedepan.
Pada
pesawat-pesawat modern, digunakan turbo fan jet, atau fan jet, yaitu dengan
menambahkan sebuah fan yang cukupbesar pada bagian depan motor. Ketika
berputar, fan ini mengisap sejumlah besar udara, sebagian kecil digunakan untuk
proses pembakaran, sebagian besar disemburkan kebelakang. Kedua aliran udara,
baik hasil semburan fan dan hasil proses pembakaran digabungkan menghasilkan
daya dorong yang besar, namun kurang rebut (suara lebih halus daripada
turbinjet murni)’
Jenis-jenis Pesawat Terbang
Banyak jenis
pesawat terbang, antara lain : Pesawat yang mendarat didarat ( Land Plane),
pesawat yang mendarat dilaut ( Sea plane), amphibi ( Dapat mendarat didarat dan
juga diair) , Dapat tinggal landas dan mendarat secara vertical (Vertical take
off and landing= VTOL), tinggal landas dan mendarat dengan landasan yang pendek
( Short take off and landing = STOL) dan pesawat luar angkasa (space shuttle)
yang semuanya menggunakan technology yang hamper sama, yang membedakannya
adalah kemampuan dan jarak jangkaunya.
Kelas-kelas Pesawat terbang
Pesawat-pesawat
terbang dikelompokan dalam beberapa kelas antara lain, pesawat komersial,
pesawat militer dan pesawat umum.
Pesawat
komersial, digunakan untuk menghasilkan uang, dengan mengangkut penumpang,
barang atau disewa. Pesawat jenis ini mampu membawa penumpang dalam jumlah
ratusan, bahkan sampai 500 penumpang baik untuk jarak pendek atau jarak
panjang.
Pesawat militer
digunakan untuk keperluan militer, dan dikelompokan dalam jenis ; tempur,
cargo, training dan pengamatan
-
7 –
Pesawat umum
biasa digunakan bukan untuk tujuan komersil atau biasa juga disebut pesawat
pribadi.
Kelas lain
adalah pesawat yang digunakan untuk tujuan khusus, misalnya pertanian, olah
raga, penyemprot hama ,
pemadam kebakaran hutan dan lain-lain.
SEJARAH PESAWAT TERBANG
Sebelum
berakhirnya abad ke – 18, beberapa orang berkecimpung dalam mempelajari
penerbangan. Salah satunya adalah seniman dari Italy yang bernama Leonardo da
Vinci, yang selama abad 15 mempelajari cara burung terbang dan menciptakan
sebuah mesin yang dapat berkepak, yang disebut ORNITHOPTERS. Penemuannya tidak
diketahui sampai akhir abad ke-19, yang kemudian dijadikan sumber inspirasi
bagi para teknisi.
Pesawat terbang yang pertama
Diantara tahun
1799 dan 1809, seorang bangsawan asal Inggris yang bernama Sir George Cayley
menciptakan konsep pesawat modern. Dengan mengabaikan teori Ornithopter, dia
merancang sebuah pesawat dengan sayap yang tetap untuk menimbulkan gaya angkat dan dengan
menggunakan sejenis tenaga pendorong. Dia meletakkan dasar-dasar aertodinamik.
Dia mendemontrasikan penemuannya dengan sebuah model pesawat luncur/glider.
Pada tahun 1853, Cayley mendemontrasikan penerbangan luncur pertama dalam
sejarah.
Pada tahun 1843,
seorang berbangsa Inggris, William Samuel Henson, menerbitkan penemuannya dalam
hak paten Aerial Steam Carriage. Henson membuat dasar-dasar pesawat terbang
modern yang mempunyai sayap tunggal yang tetap, baling-baling, badan pesawat
dan roda pendarat, dengan control kemudi berupa elevator dan rudder, Tenaga
pendorongnya berupa mesin uap. Sekalipun memberi harapan yang besar, namun
pesawat ini tidak sukses.
Pada tahun 1890,
seorang insinyur berbangsa Perancis bernama Clement Ader, membuat pesawat
terbang dengan bermesin tenaga uap dan membuat penerbangan yang benar-benar
terbang, berpilot, yang merupakan pesawat terbang yang lebih berat dari udara.
Tapi penerbangannya tidak bertahan lama, p[ada jarak 50 meter pesawatnya
terhempas. Para penemu tetap berlomba untuk
mewujudkan impiannya agar dapat terbang.
Diantara tahun
1891 dan 1896, seorang insinyur penerbangan Jerman bernama Otto Lilienthal
membuat ribuan penerbangan yang sukses dengan menggunakan laying gantung
ciptaannya sendiri. Dia membuat sebuah sayap dengan gantungan dimana dia
mengendalikan pesawatnya dengan menggunakan tubuh dan kakinya kearah mana saja
yang dia inginkan.Sayangnya dia meninggal dalam kecelakaan ketika layang
gantungnya jatuh kebumi pada tahun 1896.
Seorang Amerika
bernama Samuel Pierpont Langley selama beberapa tahun mempelajari mesin
terbang. Langley mengawali penelitiannya pada tahun 1892 dengan pesawat tanpa
pilot yang menggunakan mesin uap, dan pada tahun 1896 menerbangkan pesawat yang
lebih berat dari udara. Dengan menggunakan sebuah katapult dari sebuah perahu
di sungai Potomac dekat Quantico ,
Virginia . Namun pesawatnya tidak
pernah sukses untuk membawa manusia, sehingga tidak dapat menjadi pelopor
penerbangan seperti Wright bersaudara.
PENERBANGAN PESAWAT TERBANG YANG
PERTAMA
Penerbang-penerbang
Amerika pertama, Orville Wright dan Wilbur Wright dari Dayton , Ohio
dinyatakan sebagai bapak penerbang yang berhasil menrbangkan mesin terbang yang
lebih berat dari udara. Melalui ilmu tentang riset suara dan permesinan,
bersaudara Weight , menggabungkan sifat-sifat kritis dan rancangan lain, sebuah
mesin yang ringan tapi bertenaga kuat (kurang lebih 337k9/750 lb) sebuah
transmisi dan baling-baling, sebuah sistem pengontrol pesawat, sebuah sayap dan
rangka yang ringan tapi kuat.
Di Kitty Hawk,
Carolina Utara, pada tanggal 17 bulan Desember tahun 1903, Orville Wright berhasil melakukan penerbangan pertama dengan
pesawat yang lebih berat dari udara dan bermesin yang disebut The FLYER. .
Penerbangan pertamanya berhasil mencapai jarak 37 meter ( 120 kaki).
Penerbangan keduanya bertahan selama 59 detik dan mencapai jarak 260 meter (
852 kaki).Flyer yang ketiga yang dibuat pada tahun 1905 merupakan pesawat
terbang yang benar-benar praktis. Pesawat ini dapat miring, berputar arah,
membuat lingkaran, membuat angka delapan dan tetap diudara sampai bahan
bakarnya habis, sekitar setengah jam.
Pada tahun 1908
Dua bersaudara Wright mendemonstrasikan pesawat terbangnya kepada Angkatan
Darat Amerika Serikat di Fort Myer, Virginia .
Pada tahun 1909,
bulan July tanggal 25, seorang Insinyur Perancis bernama Louis Bleriot
menyeberangi selat Inggris dengan menggunakan Bleriot XI, sebuah pesawat
rancangannya..
Pada tahun 1911, dengan menggunakan pesawat buatan Wright bersaudara, Angkatan Darat Amerika mencoba menjatuhkan bom pertama melalui udara.
Pada tahun 1911, dengan menggunakan pesawat buatan Wright bersaudara, Angkatan Darat Amerika mencoba menjatuhkan bom pertama melalui udara.
terima gajih banyak tas infonya hihihihihih
BalasHapusSangat membantu!! Trima kasih ^^
BalasHapusPeluang usaha yg tepat utk semua kalangan,,penghasil uang tak terbatas.jujur.
BalasHapusWebsite www.agenpulsaindonesia.co.id
WA 081284544513
MASTERPOKER99 Situs Poker Online Terbaik Dan Terbesar di Asia khususnya di
BalasHapusIndonesia Menyediakan 8 Permainan Favorite Global yaitu :
Poker | Domino | Ceme | Ceme keliling | Capsa | Super10 | Omaha | Blackjack |
Minimal Deposit Rp.25.000
Minimal Withdraw Rp.50.000
+Bonus Cashback 0,3% ( Bonus tertinggi )
+Bonus Referal 20% ( Bonus tertinggi )
+Gebyar hadiah Bulanan
+Bonus New Member
*Menerima deposit 7 Bank Indonesia
(BCA-BNI-BRI-MANDIRI-PERMATA-CIMB-DANAMON)
*Menerima deposit via E-money & Pulsa ( OVO - DANA - GOPAY )
LINK ALTERNATIF !
http://www.salamallin.com
https://www.kartujp8.com/
https://www.tehmanis8.com/
Contact us:
WA : +855 8170 7281
Line : Masterpoker99
Facebook :Masterpoker99.asia
MASTERPOKER99 Situs Poker Online Terbaik Dan Terbesar di Asia khususnya di
BalasHapusIndonesia Menyediakan 8 Permainan Favorite Global yaitu :
Poker | Domino | Ceme | Ceme keliling | Capsa | Super10 | Omaha | Blackjack |
Minimal Deposit Rp.25.000
Minimal Withdraw Rp.50.000
+Bonus Cashback 0,3% ( Bonus tertinggi )
+Bonus Referal 20% ( Bonus tertinggi )
+Gebyar hadiah Bulanan
+Bonus New Member
*Menerima deposit 7 Bank Indonesia
(BCA-BNI-BRI-MANDIRI-PERMATA-CIMB-DANAMON)
*Menerima deposit via E-money & Pulsa ( OVO - DANA - GOPAY )
LINK ALTERNATIF !
http://www.salamallin.com
https://www.kartujp8.com/
https://www.tehmanis8.com/
Contact us:
WA : +855 8170 7281
Line : Masterpoker99
Facebook :Masterpoker99.asia
wah akhirnya ad web yang bisa membantu saya dalam hal membuat wordpress, artikelnya menarik dan memanjakan mata untuk di baca
BalasHapusperkenalkan nama saya Titannia yulanda NIM 1822500065 dari ISB Atma Luhur